Biaya Administrasi Cuma Rp 120 Ribu, Kini Pembuatan SIM A Bisa Secara Online

Pembuatan SIM - www.polri.go.id

Dulu Izin Mengemudi (SIM) memang tergolong merepotkan lantaran harus datang jauh-jauh ke Polres untuk mengurus segala proses . Namun kepolisian kini telah mempermudah pengurusan SIM A maupun SIM C dengan memanfaatkan layanan SIM (Daring). administrasi yang dibutuhkan untuk pembuatan SIM sendiri juga relatif terjangkau.

Kepala Unit Badan Urusan Surat Izin Mengemudi (Baur SIM) Satlantas Polres Semarang, Aiptu Supriyanto mengimbau masyarakat untuk membuat SIM secara online agar para pengendara bisa mematuhi aturan dan ketentuan berlalu lintas dengan baik. “Apalagi pelanggaran lalu lintas akibat pengendara yang tak memiliki SIM masih cukup tinggi, di Polres Semarang,” ujar Aiptu Supriyanto beberapa waktu lalu, seperti dilansir Republika.

Proses pembuatan SIM di wilayah Jawa Tengah termasuk Kabupaten Semarang kini makin mudah karena seluruh polres di wilayah Polda Jateng sudah menggunakan sistem SIM Online. Sebagai contoh, jika pemohon memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Kudus tetap dapat membuat SIM di Polres Semarang.

Walaupun proses pembuatan SIM kini bisa dilakukan secara online, pemohon baru tetap harus mengikuti ketentuan dan prosedur pembuatan SIM yang berlaku. Misalnya saja pemeriksaan kesehatan jasmani dan rohani, mengisi formulir , dan mengikuti tes tertulis maupun uji praktik.

Apabila pemohon memenuhi seluruh persyaratan dengan baik, maka proses pembuatan SIM tersebut hanya menghabiskan waktu 1 hari saja. Namun jika ada salah satu tes yang tidak lulus, maka pemohon dapat mengulang pada pekan berikutnya tanpa dikenai biaya alias gratis.

Biaya administrasi pembuatan SIM A baru berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 50 Tahun 2010 adalah Rp 120.000, sedangkan untuk perpanjangan SIM A dikenai biaya sebesar Rp 80.000. “Semua pembayaran pendaftaran ini dilakukan melalui bank BRI,” tandas Aiptu Supriyanto.

Dengan adanya kemudahan SIM Online ini, menurut Supriyanto para pemohon SIM baru atau yang hendak melakukan perpanjangan kini tidak perlu lagi memakai jasa calo yang justru dapat membuat biaya semakin membengkak. Seluruh kemudahan tersebut diberikan oleh kepolisian untuk memperbaiki pelayanan pengurusan SIM. “Selain mudah, proses pembuatan SIM ini juga semakin transparan,” tandasnya.

Loading...