Biasa Ditaburi untuk Donat & Kue Kering, Harga Gula Halus Dingin Relatif Terjangkau

Donat yang ditaburi gula halusDonat yang ditaburi gula halus - www.bukalapak.com

, kering putri salju, dan lain-lain adalah sajian yang biasanya menggunakan taburan halus. Bukan sembarang halus, sensasi ‘’ yang dihasilkan ketika masuk dalam mulut memang semakin menggugah selera. halus untuk kue atau donat ini pun bermacam-macam, namun umumnya dijual relatif terjangkau.

Menurut pastry chef senior Yongki Gunawan, putri salju ternyata merupakan kue asal Filipina dan begitu di sana. “Putri salju sebenarnya kue kering biasa, resepnya sama seperti membuat kastengels dan kue kering lainnya. Bentuknya setengah bulan, kayak tapal kuda,” ujar Chef Yongki, seperti dilansir Detik.

Chef Yongki pun membeberkan cara membuat putri salju yang lembut lumer di mulut rupanya ada trik khusus saat mengocok adonan. Kocok jadi satu mentega, gula, dan telur. Selain itu, sebaiknya pakai mentega yang telah didinginkan lebih dulu, kemudian kocok dengan mixer sampai putih. Matikan mixer dan masukkan tepung terigu, aduk dengan garpu, jangan menggunakan mixer.

Setelah itu adonan putri salju siap dicetak dan dipanggang sampai matang. Nah, supaya gula halus bisa menempel di putri salju dengan sempurna, ternyata gula harus ditaburi di atas putri salju ketika masih dalam keadaan panas. “Jadi nggak boleh taburi gula saat kue sudah dingin. Nanti gulanya tidak menempel. Harus dalam keadaan panas, begitu keluar masih panas. Kuenya masih empuk, langsung taburi dengan gula,” papar Chef Yongki.

Selain itu, ia juga berpesan bahwa gula yang digunakan bukan sembarang gula. “Gula yang dipakai bukan gula halus biasa. Harus gula yang jenisnya fruktosa. Ada yang bentuknya bubuk, biasa disebut gula donat. Dia tidak bisa meleleh, kalau dimakan agak sedikit dingin-dingin. Itu yang benar,” bebernya. Selain itu, bisa juga memakai icing sugar, tetapi biasanya tidak ada rasa dinginnya, hanya sekadar .

Adapun harga gula halus dingin di cukup variatif. Misalnya saja untuk Usagi ukuran 500 gram (1/2 kg) dijual seharga Rp 11 ribu per bungkus, lalu ada merk Claris 250 gram (1/4 kg) yang harganya hanya Rp 5.500, dan Alfamart isi 250 gram harganya Rp 6.900.

Loading...