Biasa Dipakai untuk Gabion, Harga Kawat Bronjong Per Roll Mulai Rp 60 Ribuan

Kawat Bronjong - bronjong.co.id

Pada musim hujan seperti saat ini, kawat bronjong biasanya akan meningkat. Kawat penahan batu atau gabion tersebut biasanya per roll dan tersedia dalam kawat bronjong galvanis dan kawat bronjong PVC. kawat bronjong per roll cukup bervariasi, tergantung dan bahannya.

Sebagai kawat bronjong galvanis (galvanized hexagonal wiremesh) dengan ukuran panjang 6 meter dan lebar 90 cm dijual dengan harga Rp 60 ribu per roll. Kemudian ada pula ukuran 2 x 1 x 0,5 meter dengan diameter 2,7 mm dan ram 25 x 25 cm seharga Rp 190 ribuan. Sedangkan untuk kawat bronjong PVC diameter 2,7 mm dijual mulai harga Rp 569 ribuan hingga Rp 1,4 jutaan.

Salah satu pengrajin kawat bronjong di Kampung Warung Barang RT01/04 Desa Cibeureum Kecamatan Cugenang bernama Miftah mengungkapkan dalam sehari dapat memproduksi lebih dari 30 lembar bronjong. “Nah, musim-musim hujan seperti yang baru mulai ini, biasanya permintaan meningkat. Sekarang sudah mulai ada peningkatan,” kata Miftah seperti dilansir Tribunnews.

Tak hanya melayani permintaan dari Cianjur, Miftah juga melayani pemesanan dari daerah-daerah lain seperti Bogor, Garut, Tasik, atau luar Jawa Barat seperti Lampung. “ kawat juga menentukan harga. Kawat nomor 12, harganya Rp 80-90 ribu. Kalau kawatnya lebih bagus, kawat 8 harganya bisa mencapai Rp 200 ribu per lembar,” tuturnya.

Kawat bronjong sendiri biasanya banyak dipakai untuk mencegah erosi dengan dipasang di tebing, tepi sungai, atau dekat jembatan. Baik bronjong PVC dan galvanis pada dasarnya sama-sama kuat, sebab tingkat kekuatan dari bronjong itu tergantung dari proses aplikasinya. Pembuatan kawat bronjong sampai saat ini masih ada yang menggunakan cara manual dan ada pula yang telah menggunakan pabrikasi (dengan ).

Kawat bronjong ini nantinya digunakan untuk membungkus bebatuan yang disusun untuk mencegah longsor dan banjir. Dengan sistem ini, air yang masuk melalui celah-celah bebatuan akan diteruskan ke peresapan tanah, sehingga bisa meminimalisir kemungkinan longsor atau banjir.

Loading...