BI Pangkas Suku Bunga, Rupiah Ditutup Melemah

Rupiah - sumutinvest.comRupiah - sumutinvest.com

JAKARTA – Rupiah harus puas berada di zona merah pada Kamis (18/2) sore setelah Rapat Dewan Gubernur Bank hari ini memutuskan untuk menurunkan suku bunga acuan, yang sesuai prediksi . Menurut Index pada pukul 14.59 WIB, mata uang Garuda ditutup melemah tipis 5 poin atau 0,04% ke level Rp14.025 per AS.

Dalam rapat yang berakhir siang tadi, Bank Indonesia memutuskan untuk memangkas BI 7-Day Reverse Repo Rate atau suku bunga acuan sebesar 25 basis poin menjadi 3,50%. Selain menurunkan suku bunga, bank sentral tetap mempertahankan suku bunga Deposit Facility sebesar 2,75% dan suku bunga Lending Facility sebesar 4,25%.

“Keputusan ini konsisten dengan perkiraan inflasi yang tetap rendah dan stabilitas eksternal yang terjaga, serta upaya untuk mendukung pemulihan ,” terang Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo. “Bank Indonesia akan terus memperkuat sinergi kebijakan dengan dan otoritas terkait lainnya dan mendukung berbagai kebijakan lanjutan untuk membangun optimisme pemulihan nasional.”

Penurunan suku bunga acuan sesuai dengan perkirakan sejumlah ekonom. VP Economist PT Bank Permata Tbk., Josua Pardede, sebelumnya menuturkan bahwa penurunan suku bunga acuan sebesar 25 basis poin mempertimbangkan perkiraan inflasi yang rendah dalam jangka pendek. Selain itu, ruang penurunan terbuka lantaran mempertimbangkan kondisi keseimbangan eksternal yang tetap terjaga.

“Hal itu terindikasi dari penurunan defisit transaksi berjalan sepanjang tahun 2020 yang diperkirakan sekitar -0,42% terhadap PDB ( domestik bruto). Kondisi rendahnya defisit transaksi berjalan pun diperkirakan masih akan berlanjut hingga kuartal I 2021,” kata Josua, dikutip dari Kompas. “Faktor inflasi yang rendah dan keseimbangan eksternal yang tetap terjaga ini mengindikasikan bahwa kinerja ekonomi belum pulih secara signifikan.”

Sementara itu, dari pasar , dolar AS mengambil posisi bertahan pada hari Kamis, setelah kenaikan berturut-turut pertama dalam dua minggu karena data yang baik mendorong ekspektasi bahwa ekonomi AS akan pulih dari pandemi virus corona lebih cepat daripada sebagian besar rekan-rekannya. Mata uang Paman Sam terpantau melemah tipis 0,036 poin atau 0,04% ke level 90,915 pada pukul 14.37 WIB.

Loading...