Bermanfaat Bagi Daya Tahan Tubuh Hingga Menghentikan Perkembangan Sel Leukimia, Vitamin C di Apotik Dijual Mulai Harga Rp 1.498

Vitamin C - (Sumber: spoonuniversity.com)

Perlunya mengkonsumsi merupakan hal yang harus disadari oleh masing-masing individu. Salah satu yang memiliki manfaat bagi tubuh, yaitu C. Manusia perlu mengkonsumsi C secara teratur karena tubuh tidak dapat memproduksi maupun menyimpan ini secara alami.

Vitamin C adalah vitamin yang larut di dalam air, dengan salah satu kegunaannya adalah membantu tubuh menyerap zat besi. Manfaat vitamin C juga bagus dalam mendukung badan secara normal. Selain itu, vitamin tersebut juga berperan membantu melindungi sel-sel tubuh, membantu penyembuhan luka, dan membantu menjaga jaringan ikat.

Umumnya, vitamin C didapatkan dari buah dan sayur, seperti dari brokoli, stroberi, dan cabai merah. Selain dari kedua sumber tersebut, Anda juga dapat mengkonsumsi tablet vitamin C kunyah, tablet yang dilarutkan ke dalam air, vitamin C berupa permen, pil,  hingga dalam bentuk suntikan.

Beberapa vitamin C yang di apotik untuk daya tahan tubuh antara lain Enervon C, Vitalong-C, Holisticare Ester C, Vitacimin, dan lain-lain. Harganya mulai dari Rp 1.498-41.240. Suplemen multivitamin yang bagus untuk daya tahan tubuh sebaiknya yang mengandung vitamin C, E, beta karoten, dan zinc.

Beberapa nama seperti K24, Kimia Farma merupakan yang menjual produk vitamin tersebut. Tetapi, bukan hanya di kedua tempat tersebut, Anda juga bisa membeli vitamin C di lainnya.

Selain itu, vitamin C juga terkenal karena manfaatnya untuk memutihkan kulit. Untuk mendapatkan manfaat dari vitamin yang berkaitan dengan kulit, Anda dapat melakukan suntik vitamin C, atau memakai serum.

Apotik yang menjual produk serum vitamin C salah satunya adalah Century. Di sini, Anda bisa mendapatkan produk dengan merek I-Face Vitamin Serum C 10ml, dengan Rp 78.400 per piece.  Serum ini dikemas dalam bentuk botol kecil.

Tindakan suntikan vitamin C, dipandang sebagai hal yang praktis, tetapi hal tersebut bukan berarti menggantikan posisi buah dan sayur. “Tubuh membutuhkan banyak zat dan itu tercukupi saat Anda mengonsumsi buah dan sayur dalam jumlah ideal yakni, sayur dikonsumsi 3 sampai 5 kali sehari. Sementara buah dikonsumsi 2 sampai 4 kali sehari. Jadi, kombinasinya 3 kali sayur, 2 kali buah. Jika sudah terpenuhi, sebenarnya tidak perlu suntik vitamin C untuk memperkuat daya tahan tubuh dan memutihkan kulit,” papar Fiastuti.

Selain itu, manfaat vitamin C dianggap dapat membantu penderita kanker darah (leukimia). Percobaan yang dilakukan terhadap tikus menyatakan bahwa membantu mengendalikan sel-sel yang tidak terkontrol untuk berhenti membelah dan mati.

Beberapa kanker darah, termasuk leukemia akut dan kronis, sering melibatkan mutasi yang mempengaruhi gen yang disebut TET2. Luisa Cimmino dan Benjamin Neel di New York University School of Medicine dan rekan mereka memiliki tikus rekayasa genetika untuk memiliki fungsi TET2 yang bervariasi. “Jika kita secara genetik mengembalikan TET2, itu menghalangi replikasi yang tidak sehat dan membunuh sel-sel,” kata Cimmino.

Di laboratorium, para ilmuwan di Pusat Kanker Perlmutter di New York menambahkan vitamin C dosis tinggi ke sel leukemia manusia yang membawa mutasi TET2.

“Kami melihat bahwa vitamin C dapat menghentikan pertumbuhan,” kata ahli patologi Dr Iannis Aifantis.

“Tetapi, mengkonsumsi sejumlah besar vitamin C tidak mungkin mencegah Anda terkena kanker,” kata Neel.

“Anda tidak bisa mencapai tingkat pentingnya mengkonsumsi vitamin C hanya dengan mengkonsumsi jeruk,” tambah Neel.

Menurutnya, dosis tinggi vitamin C harus diberikan melalui suntikan. Untuk mendapatkan dosis tinggi vitamin C ini peneliti setidaknya harus mengumpulkan 2.875 jeruk. Neel mengatakan bahwa pihaknya tengah memikirkan bagaimana cara mengumpulkan jeruk sebanyak itu untuk mendapatkan dosis tinggi vitamin C yang dibutuhkan dalam kanker.

Share this post

PinIt
Loading...
scroll to top