Berfungsi Untuk Stabilkan Arus Listrik, Ini Harga Stabilizer 3000 Watt

Stabilizer 3000 Watt - (Sumber: pinterest.com)

Stabilizer adalah suatu perangkat yang digunakan untuk menjaga kestabilan arus yang berhubungan langsung dengan piranti yang menggunakan tersebut. Ada banyak merek stabilizer yang dijual di dengan kekuatan daya dan yang bermacam pula. Mulai dari kekuatan 500 watt, 1000 watt, 2000 watt, 3000 watt, 10.000 watt, dan seterusnya.

“Sebuah stabilizer adalah sebagai penstabil tegangan, sementara sistem kerja stabilizer merupakan sebuah alur di mana arus dan tegangan yang tak stabil tersebut diakumulasikan kemudian keluar menuju perangkat dengan arus yang stabil dan sesuai,” ucap Muamar Angga, dilansir dari Ralali news.

Umumnya, sistem kerja alat ini sama dengan perangkat elektronik lainnya, yakni memerlukan arus listrik yang stabil saat beroperasi. Artinya arus listrik yang dikonsumsi oleh stabilizer harus sudah dalam stabil.

Dalam fungsi stabilizer listrik dan sistem kerja stabilizer listrik secara teori, ada dua faktor penentu nilai dari sebuah stabilizer. Pertama, nilai dari konsumsi daya perangkat elektronik yang terhubung dengannya. Kedua, nilai untuk stabilizer itu sendiri.

Misalnya, apabila hendak menstabilkan sebuah kulkas dengan konsumsi daya 150 watt, diperlukan fungsi stabilizer listrik dengan minimal kapasitas 150 watt, ditambah kapasitas untuk stabilizer itu sendiri. Logikanya secara sederhana, sistem kerja stabilizer listrik pasti membutuhkan dasar kapasitas area sebesar 150 watt untuk mengakomodasi konsumsi daya kulkas.

Dalam fungsi stabilizer listrik dan sistem kerja stabilizer listrik, nilai ini tidak dapat diganggu-gugat karena memang sebesar itu kapasitas yang dibutuhkan oleh kulkas. Jika area untuk stabilizer sendiri adalah sebesar 25% dari total kapasitas, berarti 75% area yang tidak dapat diganggu-gugat merupakan bagian untuk kulkas.

Jadi fungsi stabilizer listrik dan sistem kerja stabilizer listrik mampu menganalogikan, dari 100% total kapasitas yang ada, sebesar 75% merupakan bagian untuk kulkas sebesar 150 Watt dan 25% sisanya untuk stabilizer sebesar 50 watt.

Sehingga sistem kerja stabilizer listrik untuk menstabilkan kulkas dengan konsumsi daya sebesar 150 watt adalah jenis stabilizer berkapasitas minimal 200 watt. Jika dikonversi ke dalam satu VA (Volt Ampere) yang biasa digunakan pada stabilizer, maka nilai kapasitas tegangan arus 200 watt akan menjadi 200 / 0,8 = 250 VA.

Selanjutnya, efek listrik hasil kinerja stabilizer untuk satu rumah tidak akan pernah bisa disamaratakan dengan stabilizer hanya untuk satu perangkat elektronik. Pada saat pengguna memasang stabilizer untuk satu kulkas, maka kapasitas ruang yang tersedia untuk stabilizer mengerjakan tugas menstabilkan voltase listrik hanya sebatas untuk kulkas + stabilizer saja.

Namun, jika memasang stabilizer untuk satu rumah, maka akan selalu tersedia sisa ruang kapasitas yang lebih besar untuk stabilizer mengerjakan tugas menstabilkan voltase. Jenis stabilizer yang dapat digunakan salah satunya adalah yang berkekuatan 3000 watt.

Di pasaran telah banyak dijual stabilizer berkualitas bagus dan berkekuatan 3000 watt ini. Sebut saja merek Matsunaga stavol stabilizer 3000 watt yang ditawarkan seharga Rp1.120.000. Atau merek OKI 3000VA yang dijual dengan harga sedikit lebih mahal, yakni Rp1.350.000.

Loading...