Berawal Dari Bisnis Rumahan Hingga Jadi Produk Populer, Harga Teh Botol 1 Krat Mulai Rp72.000

Teh Botol - (Sumber: tokomesin.com)

Teh botol Sosro merupakan teh beraroma melati yang dipasarkan oleh PT. Sinar Sosro. Teh botol Sosro sangat populer di Indonesia dan kini juga di berbagai di luar Indonesia. Menurut hasil penelitian majalah SWA, Teh botol Sosro bahkan lebih digemari masyarakat Indonesia daripada jenis bersoda.

Teh botol Sosro dipasarkan pertama kali pada tahun 1940 dalam bentuk kemasan teh kering siap saji dengan merek Teh Cap Botol. Generasi pertama Sosrodjojo ini memulai bisnisnya dari teh wangi berskala industri rumah tangga di Slawi, Jawa Tengah. Produk teh wangi buatan Sosrodjojo merupakan racikan antara teh hijau dan melati.

Semula ia hanya memiliki tiga karyawan di bagian dan enam karyawati di bagian pembungkusan teh. Meski bisnisnya masih berskala industri rumah tangga, Sosrodjojo telah menerapkan konsep pemberian merek (branding). Mudah diucapkan dan diingat menjadi kunci sukses merek Teh Botol.

Di dalam buku bertajuk ‘Power Branding: Membangun Merek Unggul dan Organisasi Pendukungnya’ karya AB Susanto dan Himawan Wijanarko, merek ‘Botol’ dipilih karena pasti sudah dimengerti semua kalangan sehingga tidak akan membingungkan pembeli. Makna botol hanya satu dan setiap keluarga pasti memiliki botol di rumahnya.

Kata ‘Botol’ juga dianggap mudah diingat yang sebagian besar adalah ibu rumah tangga. Agar lebih gampang diingat, Sosrodjojo memasang pula gambar botol pada kemasan Teh Botol. Strategi ini juga memudahkan pembeli yang tidak bisa membaca agar mudah mengenali merek Teh Botol.

Pada tahun 1969, teh ini mulai dijual dalam kemasan botol dan merupakan produk teh pertama yang dijual dalam botol di Indonesia dan di dunia. Bentuk botol yang dikenal saat ini mulai digunakan pada tahun 1974. Dalam waktu setahun, Teh Botol langsung mendominasi pasar teh Slawi, Tegal, Jatibarang dan Brebes. Selain memiliki merek yang kuat, Sosrodjojo juga amat menjaga kualitas minuman yang diproduksinya.

Hingga saat ini, Teh Botol Sosro merupakan produk dari Sinar Sosro yang paling laris di sebagian besar kota di Indonesia, salah satunya di Makassar. Bahkan di kota tersebut dikatakan Teh Botol Sosro ini berkontribusi sekitar 60 persen.

“Mohon maaf, kalau secara angka kami tidak bisa sebutkan, itu rahasia ,” kata
MeIman al Pahyubi, Area sales manager PT Sinar Sosro Wilayah Makassar, dilansir dari Tribunnews.

Teh botol Sosro kemasan botol beling atau sering disebut RGB ( Returnable Glass Bottle) merupakan salah satu produk yang menjadi unggulan. Untuk memenuhi kebutuhan pecintanya di mana pun berada, Teh botol Sosro dengan inovasinya sampai dengan tahun 2015 ini telah memiliki banyak pilihan kemasan produk.

Kemasan botol beling volume 220 ml yang kerap dijual eceran maupun kemasan 1 krat isi 16 seharga Rp72 ribuan dan isi 20 botol seharga Rp90 ribuan, kemasan kotak (Tetra Pak) volume 200 ml, 250 ml, 330 ml dan 1 liter, kemasan botol plastik PET 450 ml dan 350 ml, serta kemasan pouch 230 ml.

 

Loading...