Banyak Diekspor, Harga Kopi Lampung Hari Ini Mencapai Rp 60 Ribuan Per Kilo

Kopi Lampung - kedaingopi.com

Indonesia dikenal sebagai salah satu penghasil di . Hingga saat ini -kopi produksi Lampung banyak diminati oleh di Jepang dan Timur Tengah. Hal ini terlihat dari kopi Lampung yang cukup tinggi ke kawasan Jepang dan Timur Tengah. Sejak awal tahun lalu kopi Lampung memang cukup bersinar. Hari ini bahkan kopi lampung untuk varian Arabica bisa melebihi Rp 50 ribu per kg.

“Di Lampung Arabica itu Rp 60.000/kg, kalau harga untuk Robusta setengah harga dari Arabica, sekitar Rp 30.000,” kata Ketua Coffee Lovers Indonesia (CLI) Lampung, Jamil, seperti dilansir Detik.

Awal tahun 2017 lalu harga biji kopi Lampung di tingkat mencapai Rp 25 ribu per kilogram, sedangkan di tingkat pengekspor harganya Rp 27 ribu per kilo. Harga kopi Lampung menunjukkan kenaikan dibandingkan akhir 2016 yang hanya diperdagangkan seharga Rp 23 ribu saja per kg di tingkat . Bahkan harga kopi Lampung terkini untuk varian robusta yang sudah dikemas sekitar Rp 100 ribu per 1.000 gram.

Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan (Ekubang) Pemprov Lampung Adeham menjelaskan bahwa cita rasa kopi asal Kampung sangat luar biasa, oleh sebab itu Jepang dan Timur Tengah menjadi pengimpor kopi terbesar asal Provinsi Lampung. “Lampung dapat mengekspor kopi ke di antaranya Jepang dan Timur Tengah,” ucap Adeham.

Lahan kopi di Lampung seluas 147 ribu hektare tersebar di Kabupaten Tanggamus, Lampung Barat, Lampung Utara, dan Waykanan. Adeham juga menuturkan bahwa lahan kopi di Lampung merupakan yang terluas di Indonesia dengan produksi biji kopi mencapai 120 ribu ton per tahun. “Dari sektor perkopian di Lampung tersebut sangat berpengaruh dengan pertumbuhan ekonomi di Lampung. Lampung wilayah pengekspor kopi terbesar,” tutur Adeham.

Lampung juga memiliki varian kopi spesial, yakni fine robusta yang kabarnya lebih disukai penikmat kopi di berbagai kafe. Fine robusta berasal dari budidaya kopi petik merah yang harganya 2 kali lipat dari kopi biasa. Kopi fine robusta dihasilkan oleh para petani di sentra kopi Sumberjaya, Waytenong, dan Airhitam, Kabupaten Lampung Barat serta dari Ulubelu, Tanggamus.

Loading...