Banyak Dicari, Harga Daging Lembu Tahun 2017 Dijual Mulai Rp 110 Ribuan

Daging Lembu - www.abangbrian.com

beberapa seperti lembu atau sapi yang telah dikebiri, kambing, maupun ayam biasanya akan mengalami fluktuasi menjelang acara atau perayaan-perayaan tertentu seperti , , hingga perayaan di daerah-daerah tertentu. Bahkan pada Agustus 2017 lalu harga lembu bisa mencapai Rp 180 ribu per kg karena bertepatan dengan tradisi meugang di Aceh.

“Walaupun harga mahal setiap hari meugang semua orang pasti beli daging. Tidak mampu beli banyak minimal ada beli walaupun hanya tulang yang penting daging,” kata salah satu bernama Muslim, seperti dilansir Kompas.

Saat ini harga daging sapi atau lembu di Jakarta relatif , berada di kisaran Rp 110 ribu hingga Rp 130 ribu per kilogram. Ketika bulan Ramadan beberapa waktu lalu kabarnya daya beli masyarakat di Medan cukup rendah meski harga sejumlah pokok seperti daging dilaporkan stabil. “Kalau sekarang ini, daging agak sepi. Sekarang per harinya rata-rata bisa jual 70 kilogram. Kalau Ramadan tahun lalu per harinya bisa 100 kilogram,” jelas penjual daging lembu, Abdul Jalil.

Selain lembu, sebenarnya ada alternatif daging kerbau untuk konsumsi harian. Sayangnya daging kerbau beku di pasaran kurang diminati oleh masyarakat Indonesia meskipun harganya relatif lebih murah dari daging lembu, yakni sekitar Rp 70 ribuan hingga Rp 75 ribuan per kg. “Daging kerbau beku Rp 75 per kg, enggak banyak yang beli,” kata salah satu pedagang di Jatinegara, Jakarta.

Menurutnya, masyarakat Indonesia telah terbiasa mengonsumsi daging sapi atau kambing, sehingga walaupun muncul alternatif daging kerbau yang harganya lebih murah pun tak bisa membuat masyarakat pindah memilih daging kerbau. “Kebiasaan masyarakat ya daging sapi biar mahal enggak masalah,” ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa daging kerbau beku biasanya banyak dibeli oleh pedagang bakso atau soto. Kalangan ibu rumah tangga sangat jarang membeli daging kerbau beku. Oleh sebab itu keuntungan berjualan daging sapi lebih menjanjikan daripada berjualan daging kerbau. “Biasanya tukang bakso atau soto yang beli. Jarang kalau ibu-ibu,” tandasnya.

Loading...