Atasi Penyakit Saluran Pernapasan Bayi dan Anak, Harga Ambroxol (Mucos) Drop Rp48 Ribuan

Harga, ambroxol, mucos, drop, saluran, pernapasan, batuk, anak, bayi, dosis, tablet, sirup, syrup, 20, ml, 30,Bayi dirawat di rumah sakit

Sebenarnya batuk merupakan mekanisme alamiah untuk melindungi diri dari virus atau bakteri termasuk respons terhadap alergi tertentu. Maka dari itu, batuk berguna untuk mengeluarkan dahak. Nah, untuk mengecerkan dahak agar lebih mudah dikeluarkan, umumnya dokter akan memberikan saran untuk mengkonsumsi semacam Ambroxol (Mucos drop).

Mucos drop adalah salah satu merek obat yang digunakan untuk mengobati penyakit pada saluran pernapasan bayi dan , di mana terjadi banyak lendir atau dahak. Obat ini adalah metabolit bromhexine yang bekerja dengan cara memecah serat asam mukopolisakarida yang membuat dahak lebih encer dan mengurangi adhesi lendir pada dinding sehingga mempermudah pengeluaran lendir pada saat batuk.

“Batuk pada bayi dianggap sebagai upaya tubuh dalam mengeluarkan lendir atau benda asing dari saluran pernapasan. Meski sering kali bukan pertanda buruk, orang tua harus tetap harus cermat jika bayi mengalami batuk,” ungkap dr Kevin Adrian, pada laman Alodokter.

Dalam satu kemasan botol 20 ml Mucos drop mengandung ambroxol HCl 15 mg / ml drops.Obat ini juga tersedia berupa ambroxol tablet dalam kemasan dos 10 x 10 tablet 30 mg, dan ambroxol syrup dalam kemasan botol 60 ml sirup 15 mg / ml, serta syrup forte 30 mg / 5 ml syrup forte. Pemakaian obat ini harus dengan dokter.

Kegunaan Ambroxol drop adalah untuk mengobati sejumlah penyakit pada saluran pernapasan di mana terjadi banyak lendir atau dahak, seperti emfisema, radang paru kronis, bronkiektasis, eksaserbasi bronkitis kronis dan akut, bronkitis asmatik, asma bronkial yang disertai kesukaran pengeluaran dahak, serta penyakit radang rinofaringeal.

Ambroxol drop biasanya juga digunakan sebagai obat batuk yang disebabkan oleh adanya dahak pada tenggorokan . Obat ini juga digunakan untuk mengurangi rasa pada tenggorokan. Berguna juga sebagai anti inflamasi, dengan cara mengurangi kemerahan saat tenggorokan.

Namun jangan menggunakan obat ini untuk yang memiliki riwayat alergi atau hipersensitivitas. Serta yang menderita ulkus pada lambung penggunaan obat ini harus dilakukan secara hati-hati.

Sama seperti kebanyakan obat lainnya yang mengandung efek samping, mengkonsumsi Ambroxol juga berpotensi terjadinya efek samping, beberapa efek samping yang umum terjadi antara lain mual, muntah, dan nyeri pada ulu hati. Kemudian menyebabkan kulit kemerahan, bengkak pada wajah, sesak napas dan kadang-kadang demam.

Reaksi intoleran setelah pemberian obat ini pernah dilaporkan terjadi. Namun kejadian ini jarang. Keamanan pemakaian obat ini untuk ibu menyusui belum diketahui dengan jelas. Oleh karena itu, pemberian Ambroxol drop untuk ibu menyusui sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter. Obat ini sebaiknya digunakan setelah makan atau bersama . Karena obat ini diketahui bisa merusak sawar mukosa lambung.

Sementara dosis Ambroxol (Mucos) drop untuk bayi dan anak adalah anak usia 2-5 tahun : 3 x sehari 1 ½ ml drop, anak atau bayi usia 1-2 tahun : 2 x sehari 1 ml drop, bayi < 1 tahun : 2 x sehari ½ ml drop. Penggunaan jangka panjang, dosis dapat dikurangi. Obat ini bisa didapatkan di sejumlah apotek dengan Rp48 ribuan untuk kemasan botol 20ml.

Loading...