Asinan Buah Mangga Muda, Oleh-oleh Nikmat Khas Bogor

Asinan Buah Mangga Muda - cookpad.comAsinan Buah Mangga Muda - cookpad.com

Asinan merupakan sejenis makanan yang dibuat dengan cara pengacaran atau melalui pengasinan dengan garam maupun pengasaman dengan cuka. yang diacarkan tersebut biasanya adalah berbagai sayuran dan -buahan.

Asinan adalah salah satu sajian khas . Istilah asin mengacu kepada pengawetan dengan merendam buah ataupun sayur dalam larutan campuran air dan garam.

Terdapat beberapa jenis buah-buahan dan sayuran yang dapat diolah menjadi asinan, salah satunya adalah buah mangga muda. Jenis buah mangga yang masih muda memang dikenal memiliki rasa yang terlalu asam untuk dikonsumsi secara langsung. Maka dari itu, kebanyakan orang mengolahnya menjadi olahan asinan maupun manisan yang segar dan kenyal. Utamanya pada saat musim buah mangga.

“Umumnya mangga dimasak sebagai sambal mangga. Belum banyak yang mengolah mangga, kebanyakan masih dimakan segar. Sebenarnya mangga juga bisa dibuat saus, juga dimasak sebagai appetizer, menu utama, dan dessert. Untuk asinan, bisa digabungkan mangga matang dan mangga muda, yang penting teksturnya tidak mudah hancur. Kalau lembek sebaiknya buat saja saus mangga,” jelas Chef Vindex Tengker, dilansir dari Kompas.

Di Indonesia, ada dua jenis asinan yang paling yaitu asinan Betawi dan asinan Bogor. Perbedaan dua jenis asinan tersebut dapat diketahui dari kuah dan penambahan bahan campuran. Asinan Bogor umumnya memakai kuah yang diambil dari saripati cabai merah, sedangkan asinan Betawi kerap menggunakan kuah bumbu kacang.

Dalam asinan Bogor, terdapat berbagai jenis buah-buahan tropis yang biasa diasinkan atau diacar, seperti mangga muda, jambu air, pepaya, kedondong, bengkoang, nanas dan pala. Buah tersebut disajikan dengan kuah cuka yang memiliki rasa asam, pedas dan manis. Biasanya juga disertakan dengan taburan kacang goreng yang gurih dan renyah. Selain itu, juga terdapat asinan sayur dan asinan campuran antara buah dan sayur.

Harga untuk satu porsi asinan yang dalam kemasan yang cocok dijadikan sebagai oleh-oleh khas dari Bogor ini mulai dari Rp20.000 hingga Rp.25.000. Ada beberapa di Bogor yang menjadi rekomendasi untuk membeli asinan Bogor, salah satunya adalah Asinan Aseli Bogor. ini merupakan tempat tertua yang menjual asinan Bogor, yaitu sejak tahun 1967. Beralamatkan di Jalan Ir. H. Juanda No.90 atau dekat dengan gerbang utama Kebun Raya Bogor.

Namun, bagi Anda yang mungkin tertarik untuk membuat asinan mangga di rumah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti memilih jenis buah mangga yang akan dijadikan sebagai bahan baku asinan. Khusus untuk satu makanan tradisional, mangga asam dan manis bisa dikombinasikan. Misalnya dalam asinan bogor, di mana Chef Vindex mengombinasikan beberapa jenis mangga dengan rasa berbeda, menjadi asinan segar perpaduan asam, manis, dan pedas, dengan taburan kacang.

Loading...