ASEAN Menjadi Rekan Bisnis Penting Bagi Uni Eropa

ASEAN Menjadi Rekan Bisnis Penting Bagi Uni Eropa

Peran -negara di kawasan di mata perekonomian dunia memang tak bisa dipandang sebelah mata. Menginjak usianya yang ke-50 tahun pada bulan Agustus ini, telah mengalami kemajuan yang cukup signifikan, terutama untuk urusan dan stabilitas politik. Hingga kini, kawasan yang dihuni oleh sekitar 640 juta jiwa ini mencatatkan (PDB) secara keseluruhan mencapai USD 2,7 triliun, atau berada di posisi ke-7 dunia.

ASEAN juga diperkirakan akan menjadi kekuatan ekonomi keempat dunia tahun 2050 mendatang dengan PDB yang mencapai USD 8,1 triliun setelah negara China, India, dan . Untuk sementara ini pendapatan per kapita tertinggi diraih oleh negara dengan total sebesar USD 52,960 per tahun.

ASEAN dan Singapura pada khususnya juga dianggap memiliki peranan yang penting bagi Uni Eropa, terutama setelah keluarnya Inggris dari kawasan Eropa (). Pasca , Uni Eropa berupaya untuk memperkuat hubungan bilateralnya dengan sejumlah negara, termasuk Singapura. Tahun 2015 lalu, melalui IISS Shangri-La Dialogue, Eropa berusaha memantapkan keterlibatannya yang lebih besar dengan ASEAN. Bulan Maret 2017 lalu Eropa juga mengungkapkan kebijakan FTA di Asia.

“Singapura tetap menjadi mitra ekonomi terpenting Uni Eropa di ASEAN dan di antara 12 mitra teratas kami di seluruh dunia, ketika perdagangan barang dan jasa digabungkan. Kami menjalankan kebijakan agenda perdagangan yang ambisius dengan mitra kami dan melanjutkan kebijakan FTA (Free Trade Agreement) proaktif kami di Asia,” kata Michael Pulch, mantan Duta Besar Uni Eropa di Singapura, seperti dilansir Straitstimes.

Tak cukup sampai di situ, kerjasama Uni Eropa-Asean juga diperkuat melalui keterikatan petugas Europol yang telah memperluas kolaborasi cyber dan perlawanan terorisme dengan Asean dan Interpol. Sampai saat ini, Uni Eropa dan Asean telah mencatatkan hubungan kerjasama selama 40 tahun lamanya. Uni Eropa sendiri juga berupaya untuk menjadi investor terbesar di ASEAN dan mitra dagang terbesar ketiga.

Selain perdagangan dan keamanan cyber, Uni Eropa memperkuat dukungannya untuk kawasan ASEAN melalui berbagai bentuk kesepakatan seperti Asean-EU Comprehensive Air Transport Agreement untuk meningkatkan konektivitas penerbang di sektor perdagangan dan , budaya, hingga dukungan di bidang melalui Study in Europe Higher Education Fair.

Loading...