Aplikasi Zoom Ternyata Bisa Melacak Fokus Peserta Teleconference

Peserta Teleconference - businessfirstfamily.comPeserta Teleconference - businessfirstfamily.com

JAKARTA – Selama masa pandemi , penggunaan perangkat lunak video dan untuk bekerja dan teleconference telah meningkat seiring imbauan untuk mengisolasi diri di dalam rumah. Nah, salah satu yang diklaim terbaik untuk melakukan teleconference penunjang pekerjaan adalah Zoom Cloud Meetings. Yang perlu Anda tahu, ini ternyata dapat melacak peserta teleconference yang sekiranya tidak memperhatikan atau tidak acuh.

Dilansir The Huffington Post, karyawan, siswa, dan pengguna Zoom lainnya harus mengetahui pengawasan pada konferensi jarak jauh ini. Pada Zoom, ada fitur yang disebut ‘pelacakan perhatian’ yang mampu mengidentifikasi apakah peserta yang telah mengklik jendela Zoom masih aktif selama lebih dari 30 detik atau tidak.

Menurut blog resmi Zoom, host dapat melihat indikator di panel peserta rapat atau webinar jika peserta tidak memiliki Zoom Desktop Client atau Aplikasi Seluler dalam fokus selama lebih dari 30 detik saat seseorang berbagi . ‘Fokus’ ini, menurut Zoom, adalah berarti pengguna memiliki tampilan rapat Zoom secara terbuka dan aktif.

Namun, sebelum Anda terlalu takut, fitur tidak menggunakan pelacakan audio atau video, dan hanya melacak perhatian saat seseorang berbagi layar. Dalam posting blog tahun 2018 yang ditujukan untuk guru, menjelaskan bahwa jika Zoom bukan aplikasi yang menjadi fokus pada pengguna, dan administrator akan melihat indikator jam di sebelah nama mereka di kotak peserta.

Pengguna memang dapat menonaktifkan fitur pelacakan ini di pengaturan akun mereka, tetapi administrator juga dapat membuat pengaturan ini wajib untuk semua pengguna dengan mengklik ikon kunci. Jika Anda merasa sangat licik dan/atau kreatif, ada peretasan agar terlihat seolah-olah Anda memperhatikan, padahal sebenarnya tidak.

“Di Twitter, orang telah menemukan cara untuk menggunakan fitur latar belakang Zoom Room custom untuk membuat gambar diri mereka tetap berada dalam bingkai,” tulis Vice. “Anda dapat merekam video pendek yang berulang sebagai latar belakang Anda, atau mengambil foto diri Anda yang terlihat ‘sangat perhatian’, tergantung pada tingkat kepercayaan yang Anda inginkan.”

Loading...