Aksi 22 Mei Rusuh, Rupiah Drop di Rabu Sore

Rupiah - beritakompas.comRupiah - beritakompas.com

JAKARTA – Aksi demo 22 Mei di Jakarta yang dilaporkan berlangsung ricuh menjadi sentimen negatif bagi sehingga harus gagal merangsek ke teritori hijau pada perdagangan Rabu (22/5) sore. Menurut paparan Index pada pukul 15.45 WIB, Garuda melemah 45 poin atau 0,31% ke level Rp14.525 per .

Dilansir Detik News, kerusuhan terjadi di beberapa titik dalam aksi 22 Mei usai pengumuman rekapitulasi hasil Pemilu 2019. Kerusuhan yang berawal dari sekitar gedung Bawaslu, kemudian meluas ke beberapa titik. Di Jalan Jatibaru, Tanah Abang, sekelompok massa bertindak anarkistis dan bentrok dengan kepolisian. Kejadian serupa juga terpantau di flyover Slipi yang dikuasai massa perusuh.

Area sekitar gedung Bawaslu menjadi titik yang menjadi pusat kerusuhan. Sejak Selasa (21/5) malam, dan peserta demo 22 Mei terlibat bentrokan. Hingga Rabu pagi, massa aksi 22 Mei masih melemparkan batu ke arah aparat . Karena itu, polisi lantas menjauhkan pagar berduri di depan Kantor Bawaslu RI di Jalan MH Thamrin.

Namun, menurut pantauan Tirto, pada Rabu siang sekitar pukul 10.20 WIB, massa demo 22 Mei yang memadai kawasan Kantor Bawaslu mulai membubarkan diri. Para peserta aksi sempat melakukan sujud tanda berakhirnya orasi. Setelah itu, mereka meninggalkan Gedung Bawaslu RI. Tetapi, polisi masih bersiaga dan kawat berduri pun masih terpasang di perempatan Jalan MH Thamrin.

“Sentimen eksternal, seperti eskalasi perang dagang, tampak tidak berpengaruh terhadap pergerakan rupiah dibandingkan sentimen dalam negeri. Akibat kisruh itu, pelaku condong untuk meninggalkan Indonesia sehingga rupiah terdepresiasi,” papar Direktur Utama PT Garuda Berjangka, Ibrahim, dilansir Bisnis. “Saat ini rupiah sudah di level Rp14.500 per AS, artinya untuk mencapai Rp15.000 per AS sangat gampang kalau kondisi dalam negeri tidak kondusif.”

Sementara itu, dari pasar , indeks dolar AS masih bertahan di dekat posisi tertinggi 3,5 minggu pada hari Rabu, didukung kenaikan imbal hasil Treasury AS setelah Negeri Paman Sam melonggarkan pembatasan perdagangan pada Huawei Technologies asal China. terpantau hanya melemah tipis 0,009 poin atau 0,01% ke level 98,053 pada pukul 12.07 WIB.

Loading...