Akses Internet Cepat, Biaya Bulanan Sistem VSAT Tergantung Bandwidth

Akses Internet Cepat - postronda.comAkses Internet Cepat - postronda.com

saat ini bisa dikatakan sebagai salah satu pokok sebagian masyarakat Indonesia dalam hal akses informasi. Untuk mendapatkan ini, bisa menggunakan tanpa kabel (wireless) atau satelit yang disebut dengan VSAT. Jika opsi kedua yang dipilih, bulanan yang dikeluarkan tergantung bandwidth yang diambil, berkisar jutaan hingga puluhan juta , belum termasuk biaya instalasi.

“VSAT (Very Small Aperture Terminal) adalah terminal satelit dengan antena berdiameter kecil yang dihubungkan dengan hub dalam suatu topologi jaringan dan dapat berkomunikasi di antara para terminal,” tulis Primadona Net. “VSAT dapat digunakan untuk berkomunikasi data, suara, dan video, dengan elemen terpenting adalah stasiun hub, stasiun remote, dan transponder satelit.”

Ada beberapa keunggulan VSAT dibandingkan dengan konvensional lainnya, seperti lebih praktis dan mudah dalam hal pemasangan maupun pemeliharaan, mampu menangani komunikasi dengan bit rate sampai di atas 56 Kbps, dan mampu menyediakan hubungan komunikasi point to multipoint pita lebar. Di samping itu, teknologi ini juga diklaim mampu menangani perubahan kebutuhan kapasitas secara fleksibel, sesuai dengan tingkat perkembangan.

“Teknologi VSAT ini sangat sesuai bagi pengguna yang membutuhkan komunikasi dan jaringan independen yang menghubungkan sejumlah tempat yang terpisah secara geografis,” sambung Primadona Net. “Jaringan VSAT juga sangat sesuai dengan kebutuhan jaringan komunikasi publik maupun perorangan atau privat.”

Secara umum, sistem VSAT ini bekerja pada frekuensi Ku-band, Ka-band, dan C-band. Dua frekuensi pertama banyak digunakan di kawasan Eropa dan Amerika Utara, sedangkan frekuensi C-band banyak digunakan di kawasan Asia, Afrika, dan Amerika Latin karena iklim negara-negara di wilayah tersebut lebih cocok dengan frekuensi C-band.

Jika Anda ingin melakukan instalasi sistem VSAT ini, sudah banyak perusahaan yang menyediakan jasa pemasangan sistem tersebut. Biaya bulanan yang dipatok untuk sistem VSAT C-band berkisar Rp3,85 jutaan sampai Rp5 jutaan untuk bandwidth 256/64 Kbps, Rp6 jutaan sampai Rp11 jutaan untuk bandwidth 512/128 Kbps, Rp7 jutaan sampai Rp18 jutaan untuk bandwidth 1024/256 Kbps, dan mulai Rp20 jutaan untuk bandwidth 2048/512 Kbps.

Loading...