Akademi Sepak Bola Bertaraf Internasional Pertama di Indonesia, Berikut Biaya ASIFA Malang

Biaya, asifa, malang, aji santoso, fasilitas, seleksi, pendidikan, sepak, bola, persyaratan, pendaftaran, internasional,Ilustrasi permainan sepak bola

Aji Santoso International Football Academy (ASIFA) adalah akademi sepakbola pertama di Indonesia yang bertaraf internasional. Sekolah ini berada di Kota , tepatnya di kompleks Griyashanta Blok J, Mojolangu, Lowokwaru. Meski bertaraf internasional, di sekolah milik Nuzul Kifli ini masih relatif dapat dijangkau luas.

Pihak ASIFA sendiri berkomitmen untuk dapat membentuk secara fisik maupun mental melalui sistem kepelatihan yang telah terstandarisasi serta dukung bertaraf internasional. Akademi ini juga memberikan berbahasa Inggris, cara bersikap (attitude) serta kegiatan keagamaan yang terjadwal sehingga selain memiliki kemampuan yang baik, didik juga akan memiliki perilaku yang baik, di lapangan maupun di luar lapangan.

Pelatih ASIFA saat ini adalah Danur Dara dengan direktur tekniknya dipegang oleh Aji Santoso. Penerimaan baru dilakukan dengan seleksi yang cukup ketat setiap tahunnya, sehingga hanya anak didik yang memiliki bakat dan minat yang cukup tinggi yang dapat bergabung bersama ASIFA. Pasalnya, setiap ASIFA akan mendapatkan legalitas hukum untuk disalurkan ke beberapa klub sepak bola profesional.

Untuk semua anak didik ASIFA akan difasilitasi dengan fasilitas yang lengkap, termasuk asrama berkapasitas 300 orang, rumput lapangan standar FIFA/AFc, ruang fisioterapi dan klinik kesehatan dengan akses 24 jam, kafe umum dan VIP, butik, dan fasilitas lainnya. ASIFA kini memiliki empat lapangan internasional di Malang, tiga lapangan berada di area Arhanud dan satu di Kota Malang.“Bisa dikatakan ASIFA adalah satu-satunya akademi sepak bola yang memiliki empat lapangan sepak bola standar internasional. Di sini juga ada asrama yang bisa digunakan. Rencananya siswa yang SMA akan dipindah ke sini,” kata Aji dilansir dari Tribunnews.

Dalam pelaksanaan pendidikannya, ASIFA juga memberikan laporan secara tertulis kepada orang tua per enam bulan sekali, sehingga para orang tua dapat mengetahui kemajuan-kemajuan anaknya, baik dari sisi teknis sepak bola maupun di luar teknis sepak bola. Menariknya, ASIFA juga memberikan dispensasi atau keringanan kepada anak didik yang kurang mampu namun memiliki talenta tinggi dengan menunjukkan surat keterangan tidak mampu.

Selain itu, ASIFA juga akan memfasilitasi pendidikan formal bagi anak didik yang berasal dari luar Kota Malang dengan sistem homeschooling sehingga antara pendidikan formal dan informal dapat berjalan dengan baik dan seimbang. “Seperti inilah pembelajaran di tempat kami. Tidak hanya sepak bola, akan tetapi kami juga berpikir tentang pendidikan. Kami ingin mencetak pemain plus. Pemain yang bisa menjadi leader di lapangan dan di lingkungannya,” ujar Nuzul Kifli.

Akademi ASIFA setidaknya menyediakan lima kelompok umur dari U-12 (kelompok umut di bawah 12 tahun) hingga U-16 (di bawah 16 tahun). Sayangnya, untuk tahun 2018 ini pihak ASIFA tidak memberikan secara rinci mengenai besaran SPP atau biaya sekolah di ASIFA. Namun, menurut tahun 2015 lalu, untuk anak-anak kelompok usia 11 tahun, setiap bulan dibebani biaya Rp4 jutaan. “Yang di atas 11 tahun biayanya Rp5 jutaan,” ujar Zulkifli, Direktur Operasional ASIFA.

Loading...