Ada Jenis Albino, Ini Harga Ular Kadut

Ular KadutIlustrasi : Ular Kadut - www.flickr.com

JAKARTA/PONTIANAK – Nama ular kadut pasti sudah cukup familiar di telinga Anda. Tergolong ular yang tidak berbisa, ular kadut memang sering dijumpai di area persawahan atau . Memiliki tubuh yang beragam, umumnya belang-belang seperti ular weling, ular kadut banyak di berbagai situs jual beli online dengan mulai Rp125 ribuan per ekor.

Menurut penelusuran penulis, ada beberapa pemilik yang menjual ular kadut mereka di situs e-commerce lokal. Ular kadut abu-abu dengan warna belang putih misalnya, dilepas dengan harga mulai Rp125.000 per ekor. Sementara, banderol ular kadut albino berkisar Rp750.000 per ekor. Ada juga yang menjual ular kadut dengan harga Rp200 ribuan per ekor.

“Ular adalah penting bagi suatu ekosistem karena ular ini berperan menjaga hama perkebunan seperti tikus, serangga, dan mamalia kecil yang mengganggu tanaman,” tulis Bobo. “Nah, salah satu ular yang dapat membantu mengurangi hama di perkebunan adalah ular kadut, yang memiliki belang putih kecoklatan dan umumnya hidup di air tawar atau air payau.”

Dengan warna kulit yang belang-belang, sepintas ular kadut mirip dengan ular weling. Namun, apabila ular weling adalah yang berbisa, maka lain halnya dengan ular kadut. Ular ini tergolong ular yang tidak berbisa, bahkan cenderung penakut. Karena itu, tidak heran jika kemudian ular kadut sering diburu dengan tangan kosong.

“Cara ular kadut mempertahankan hidupnya yakni dengan memangsa ikan-ikan kecil dan juga reptil atau amfibi kecil. Biasanya, mereka mencari makan di sekitar tepian perairan yang tenang, sebab di sana terdapat banyak ikan kecil,” tulis Satujam.com. “Selain bergerak dengan cepat di darat, ular kadut juga sangat gesit menyelam dan berenang di kedalaman air.”

Ular kadut sendiri tidak jarang ditemukan di perkampungan warga. Di Jalan Putri Dara Hitam, Pontianak beberapa waktu yang lalu misalnya. Saat warga sedang asyik melakukan kerja bakti, mereka menemukan ular kadut hitam seperti karung goni dengan ukuran 1,5 meter dan berat sekitar 10 kg. Ular itu ditemukan sedang berada di gorong-gorong depan gang.

Loading...